Pj Gubernur Jambi Saksikan Simulasi Penanganan Karhutla

March 8, 2021 1 By admin

Jambi – Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni bersama Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, Komandan Korem (Danrem) 042/Garuda Putih Brigjen TNI Muhammad Zulkifli dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi Bachyuni Deliansyah  menunjukkan kekompakannya dalam melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu terlihat saat keempatnya hadir dalam pelatihan heli jump sekaligus Apel Kesiapan Gabungan dalam rangka Penanganan Karhutla Provinsi Jambi Tahun 2021, Senin (8/3).

Pj Gubernur Jambi mengatakan, pihaknya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkomitmen untuk mengantisipas dan mengendalikan potensi Karhutla di Provinsi Jambi.

Dikatakan dia, ada tiga titik wilayah terparah yang selalu terjadi Karhutla di Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

“Kita yang tergabung dalam Forkopimda Pemprov Jambi akan berupaya memenuhi kebutuhan standar penanganan Karhutla baik kualitas sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia karena Status Jambi sendiri masih siap siaga,” paparnya.

Setelah pelatihan heli jump, Pj Gubernur Jambi memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda untuk mencari solusi antisipasi penanganan Karhutla di tahun 2021 agar tidak lagi terjadi.

Beberapa isu yang dibahas adalah soal alih fungsi lahan dan perlunya penegakan hukum kepada para pembakar hutan dan lahan harus semakin dipertegas agar ada efek jera.

Diketahui, Apel Gabungan tersebut berlangsung di Bandara lama Sultan Thaha, Jambi. Dalam pelatihan penanganan Karhutla tersebut dilakukan pemeriksaan pasukan dan sarpras Karhutla.

Pelatihan Jump Heli ini diikuti sejumlah personel Satbrimob Polda Jambi, Polhut dan Crew Helikopter Poludara di Area Avron Bandara Sultan Thaha, Jambi.

Pelatihan ini salah satunya adalah droping helikopter personel ke lokasi karhutla dengan cara jump heli.

Kapolda Jambi mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar dan jaga hutan kita untuk generasi penerus.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan, Karhutla selalu menjadi ancaman dalam setiap musim kemarau. Terutama di lahan gambut.

Karena itu, kesiapan dalam melakukan langkah-langkah pencegahan sangat penting. Tentunya dengan sinergitas seluruh pihak.

“Kami mengapresiasi kesiapsiagaan TNI/Polri, kami berharap ini menjadi kerja-kerja jangka panjang yang berkesinambungan, terukur dan berdampak nyata, maka harus ada grand design, nggak bisa dadakan, terkait peraturan dan anggaran, DPRD siap mendukung,” kata Edi.