• Mon. Jun 17th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Ingin Wariskan Legacy, Pj Gubernur Jambi Genjot Sektor Pariwisata dan UMKM

Byadmin

Mar 10, 2021

Jambi – Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi untuk membangkitkan perekonomian di daerah agar tidak semakin terpuruk karena dampak pandemi Covid-19. Tak hanya untuk memulihkan sektor pariwisata, tetapi juga untuk membangun optimisme usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Untuk itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si selama mengisi kekosongan jabatan kursi Gubernur karena menunggu hasil sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK), ingin meninggalkan legacy (warisan) yang bisa dikenang dan berfaedah bagi kemaslahatan masyarakat dan Provinsi Jambi.

Berangkat dari potensi kebudayaan dan pariwisata di Jambi yang bisa menjadi motor penggerak kebangkitan ekonomi di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Pj Gubernur Jambi menggandeng sejumlah pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi mendorong kebangkitan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata dan UMKM.

Bermula dari arahan Bapak Mendagri untuk penanganan covid dan pwmulihan ekonomi, tercetuslah ide oleh Pj Gunernur Jambi untuk menggelar Pameran promosi pariwisata Provinsi Jambi pada tanggal 16 Maret 2021 nanti dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Bangga Buatan Indonesia (BBI) Tahun 2022 yang dicanangkan Presiden RI melalui Kemenko Marvest RI dengan protokol kesehatan yg sangat ketat.

Dalam menyukseskan kegiatan tersebut, Pj Gubernur Jambi akan difasilitasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest) RI bekerjasama dengan Bank Indonesia serta sejumlah e-commerce di Tanah Air.

Dalam sepekan belakangan ini, Pemprov Jambi di bawah arahan Pj Gubernur Jambi aktif berkoordinasi untuk menyiapkan teknis kegiatan yang sedianya akan mengundang 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi untuk membuka pameran pariwisata dan turunannya agar perekonomian Provinsi Jambi lebih menggeliat seiring meningkatnya sektor pariwisata dan UMKM dikarenakan promosi gencar yg dilakukan.

Hampir setiap hari, pagi hingga malam hari, rapat koordinasi teknis dengan OPD terkait kerap dilakukan di pendopo Rumah Dinas Gubernur agar persiapan kegiatan Launching Pameran Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2021 bisa lebih matang dan kegiatan berjalan sukses sehingga perekonomian Provinsi Jambi bisa bangkit kembali karena sektor Pariwisata dan UMKM-nya telah berbenah dengan berbagai dukungan baik dari Pemerintah Pusat maupun kerjasama dengan pihak swasta seperti e-commerce.

Pada Selasa (9/3) pagi, Pj Gubernur Jambi kembali menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi Persiapan Pre-launching malam Germas BBI 2022 di Provinsi Jambi yang dilaksanakan oleh Kemenkomavest dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo R.M. Manuhutu. Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jambi, Pj Gubernur didampingi Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Plt. Kadis Perindag dan Kadis Koperasi dan UMKM.

Diketahui, sebagai salah satu upaya untuk membantu pemasaran UMKM di Provinsi Jambi agar bisa tetap produktif di tengah pandemi COVID-19. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi di bawah arahan Pj Gubernur Jambi aktif mendorong UMKM untuk sering membuka stand di pameran-pameran agar produknya lebih dikenal baik secara lokal, nasional maupun internasional.

Sesuai arahan Pj Gubernur Jambi, Pandemi COVID-19 seharusnya semakin memaksa UMKM di Provinsi Jambi untuk melakukan promosi menggunakan sarana digital melalui sejumlah kanal media sosial agar produk seperti batik Jambi dimana 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi memiliki karakter dan kekhasan motif masing-masing, yang diproduksi semakin dikenal pasar dan terserap lebih cepat.

Pj Gubernur Jambi juga menekankan kepada OPD terkait untuk melakukan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi tak hanya bergantung pada eksploitasi sumber daya alam. Namun sektor pariwisata dan UMKM juga harus digenjot sebagai strategi mengatasi penurunan kondisi ekonomi dampak pandemi COVID-19.

Melalui pemulihan UMKM dengan korporatisasi, digitalisasi (marketing hilir dan hulunya) dan pembiayaan, baik melalui bank, BPR, maupun pembiayaan lainnya yang tentu saja melibatkan banyak pihak seperti BI, OJK dan e-commerce serta dukungan Kemenko Marvest RI agar perekonomian di Provinsi Jambi segera bangkit.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *