• Mon. Jun 17th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Pj. Gubernur Jambi Dorong Pelantikan Bupati Terpilih Diatur dengan Prokes Ketat

Byadmin

Mar 12, 2021

Pj Gubernur Jambi saat menerima KPUD Provinsi Jambi

Jambi – Penjabat (Pj.) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si langsung tancap gas mengkonsolidasikan sejumlah agenda Pemerintahan di Provinsi Jambi. Salah satu agenda terdekat ialah pelantikan Kepala Daerah Tingkat II yaitu Bupati Terpilih Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Batanghari.

Selama mengisi kekosongan jabatan Gubernur hingga dilantik Kepala Daerah (KDH) definitif, Pj. Gubernur Jambi bertanggung jawab mengawal proses pelantikan Bupati/Walikota terpilih.

“Sesuai instruksi Bapak Mendagri, Pj. Gubernur diberikan batas waktu sampai 26 Februari untuk melantik 2 Kepala Daerah definitif yang telah tuntas semua persoalannya. Dan tugas melantik Kepala Daerah terpilih jika Gubernur definitif belum ada haruslah Penjabat, tidak boleh Plh,” ungkap Pj. Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengutip pernyataan Mendagri saat menerima kunjungan Ketua KPUD Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (20/2) pagi.

Ibu Nunung, sapaan akrab Pj. Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni juga mendorong kepada kepada Ketua KPUD Jambi H. M. Subhan, S.Ag., M.H. yang didampingi Sekda Provinsi Jambi Sudirman, SH. MH, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi Rahmat Hidayat, Asisten I Pemprov Jambi Drs. H. Apani Saharudin, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jambi Johansyah, agar pelantikan Bupati terpilih hasil Pilkada 2020 yang dilakukan secara bertahap benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

“Seringkali kita terkecoh dan melupakan, penerapan disiplin protokol kesehatan dalam setiap kegiatan bukan hanya di dalam ruangan atau nanti saat pelantikan di dalam gedung saja. Namun di luar gedung juga harus diperketat kapasitas orang yang hadir. Wartawan dan tim sukses Bupati terpilih meskipun dilantik secara virtual harus menerapkan prokes secara ketat,” harap Pj. Gubernur Jambi.

Diketahui, Bupati terpilih Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi akan dilantik oleh Penjabat Gubernur Jambi secara virtual.

Masing masing bupati dan wakil bupati terpilih berada di daerahnya masing masing dan Penjabat Gubernur Jambi berada di Jambi. Pelantikan secara virtual tersebut dilakukan karena saat ini masih berada dalam masa pandemi Covid-19.

Bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Batanghari berdasarkan hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020 yakni pasangan M Fadhil Arief -Bakhtiar. Sementara Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tanjab Barat yakni Anwar Sadat-Hairan.

Sementara itu Bupati Batanghari Syahirsah dan Bupati Tanjab Barat Syafrial secara resmi mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 12 Februari 2021. Kekosongan jabatan bupati di daerah itu saat ini di isi oleh pelaksana harian yang merupakan sekretaris daerah di daerah itu. Sekretaris daerah di daerah itu menjabat sebagai pelaksana harian hingga bupati terpilih dilantik oleh Penjabat Gubernur Jambi.

Bupati terpilih di dua kabupaten tersebut dilantik oleh Penjabat Gubernur Jambi dikarenakan saat ini hasil pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 masih dalam proses penyelesaian hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi (MK).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *