Pj Gubernur Jambi Paparkan Rencana Pembangunan Prioritas Nasional dalam Rakorgub Kementerian PPN Bappenas

Pj Gubernur Jambi Paparkan Rencana Pembangunan Prioritas Nasional dalam Rakorgub Kementerian PPN Bappenas

March 12, 2021 0 By admin
Pj Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni

Jambi – Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni menyampaikan pemaparan terkait rencana strategis pembangunan Proyek Prioritas Provinsi Jambi untuk Mendukung Pelaksanaan Major Project dan Prioritas Nasional.

“Isu strategis wilayah Provinsi Jambi yaitu belum optimalnya diversifikasi produksi dan rantai nilai komoditas unggulan yang dapat menjadi daya ungkit ekonomi Jambi,” ungkapnya
dalam Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan para Gubernur, 23-24 Februari 2021, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (23/2/2021).

Ditambahkan Pj Gubernur, Jambi belum memiliki kawasan strategis yang ideal untuk dikembangkan.

“Kemudian, infrastruktur di daerah yang belum merata,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ibu Nunung, sapaan akrab Pj Gubernur Jambi juga menyampaikan tiga proyek prioritas Provinsi Jambi.

“Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Kemudian memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas. Terakhir, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing,” paparnya.

Ada pun sebagian usulan yang dipaparkan Pj Gubernur Jambi saat Rakorgub tersebut diantaranya: Jalan tol Sumatera Aceh Lampung (PN 5) / Pembangunan Jaringan Jalan Tol pada ruas Jambi- Rengat (PSN), Jalan tol Sumatera Aceh – Lampung (PN 5)/Pembangunan Jalan Tol Betung (Sp. Sekayu) – Tempino – Jambi (PSN).

Kemudian, ada jaringan pelabuhan utama terpadu/ Lanjutan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung di Kab. Tanjung Jabung Timur, Akses sanitasi layak dan aman/SPALD-T Skala Kota/Regional, Pembangunan Energi Terbarukan Green Fuel berbasis kelapa sawit/Akselerasi Replanting dan Penerapan GAP Sawit Rakyat.

Proyek Prioritas Usulan terkait peningkatan SDM berkualitas diantaranya: Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0/Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Selain itu ada juga Percepatan Penurunan Kematian Ibu dan Stunting / Pelaksanaan surveilans dan intervensi gizi berkualitas di kabupaten/kota, serta Integrasi Bantuan Sosial Menuju Skema Perlindungan Sosial Menyeluruh/Pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).

Pj Gubernur Jambi juga mengusulkan kepada Kementerian PPN / Bappenas untuk memberikan apresiasi atas capaian prestasi Provinsi Jambi yang merupakan provinsi termasuk lima besar terendah untuk prevalensi stunting. Ada Bali, Kepri, Babel, DKI Jakarta dan Jambi provinsi kelima.

“Kami mohon Bapak Menteri, seandainya saja ada sebuah penghargaan untuk lima besar, maka barangkali Provinsi Jambi sebagai salah satu penerima itu, agar kami bisa mendorong penanganan stunting lebih baik lagi,” harapnya.