• Tue. Feb 27th, 2024

Pj Gubernur Jambi Mendadak Jadi Marketing, Tawari Sejumlah Menteri Belanja Produk UMKM

Byadmin

Mar 16, 2021

Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi menggelar event Jelajah Jambi bertema  “The Hidden Paradise in Jambi”.

Di sela acara, usai memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditawari Pj Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni untuk membeli batik hasil karya pengrajin UMKM batik di Provinsi Jambi.

Bak sales marketing berpengalaman, Pj Gubernur Jambi menawari kain batik tulis serta kerajinan lain produk UMKM Jambi kepada sejumlah Menteri dan Gubernur Bank Indonesia serta beberapa Kepala Daerah yang hadir secara virtual.

Menteri hingga gubernur tak bisa mengelak saat Pj Gubernur Jambi “menodong” mereka belanja online dan melakukan pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Pj Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni saat menawarkan produk-produk unggulan UMKM dan IKM Provinsi Jambi – Foto: Jaswaryanto/katapublik

Akhirnya, setelah ditawari untuk membeli, tiga Menteri yaitu Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menkominfo Johnny G Plate, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjio dan Pj Gubernur Kalimantan Selatan Dr. Safrizal ZA serta Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah membeli produk UMKM Jambi.

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahaya Murni langsung memilihkan batik Jambi untuk mereka. Pj gubernur didampingi perajin batik Jambi Datuk Zainul Bahri yang mengkurasi makna dan filosofi dari kain batik tulis karya pengrajin batik Jambi dari 11 Kab/Kota di Provinsi Jambi.

Mahfud MD misalnya, yang ditawari batik motif angso duo. “Itu batik dari kabupaten mana,” tanya Mahfud MD dan dijawab Datuk Zainul Bahri dari Kota Jambi.

“Saya pilihkan Pak Menko (Luhut), di Bali bapak suka biru,” kata Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahaya Murni.

“Kalau Bu Gubernur pilihkan sudah patenlah itu,” timpal Luhut Binsar Panjaitan.

“Pilihkan saya yang bagus,” pinta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjio.

Adapun Menkominfo Johnny G Plate dipilihkan batik dari Muara Bungo dengan motif tanduk rusa.

Launching Jelajah Jambi: Expo The Hidden Paradise in Jambi – Foto: Jaswaryanto/Katapublik

Acara ini juga disiarkan di akun Youtube dan Instagram Dinas Kebudayaan dan Pariwisita Provinsi Jambi, sosial media Diskominfo Provinsi Jambi. Adapun secara offline acara ini digelar di Rumah Dinas Gubernur.

Menurut Pj Gubernur Jambi, pariwisata, kuliner, pelaku UMKM terdampak pandemi. Namun ia yakin ini akan segera bangkit.

“Saya yakin pereknomian Jambi akan cepat tumbuh dan berkembang,” kata Pj Gubernur Jambi sembari menyebut sejumlah destinasi wisata Jambi.

Kegiatan ini menampilkan sejumlah destinasi wisata yang dimiliki Provinsi Jambi. Pameran produk khas Provinsi Jambi seperti kopi, batik khas Jambi dan lain-lain.

Selain itu, peserta lainnya atau masyarakat umum yang ingin membeli produk-produk Jambi tersebut dapat mengunjungi website Blanjo.co.id (platform digital yang menjual produk unggulan UMKM dan IKM Jambi) serta Shopee.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *