• Mon. Jun 17th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Pj Gubernur Jambi Dorong TP PKK Usulkan Program Stunting ke RPJMD

Byadmin

Mar 18, 2021

Jambi – Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni mendorong Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi dan TP PKK seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi untuk merumuskan dan mengusulkan kepada Pemerintah Daerah terkait, kegiatan yang sinergi dalam Dokumen Perencanaan Daerah (Dokrenda).

“Untuk mendukung kesatuan gerak PKK dan menghasilkan kesepakatan kegiatan dalam Rakerda ini, PKK dapat segera mengusulkan kepada Pemda terkait agar Program TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota bisa sinergi dengan rencana pembangunan daerah,” ungkap Pj Gubernur Jambi yang juga Dirjen Bina Bangda Kemendagri, dimana konsen beliau salah satunya urusan penanganan stunting dan juga regulasi terkait perencanaan pembangunan di daerah.

Hal tersebut menurut Ibu Nunung, sapaan akrabnya, berpedoman pada Permendagri 90 Tahun 2019 tentang Kodefikasi, Klasifikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

“Pada kesempatan ini, kami juga menyarankan kepada pembina PKK yang baru saja dilantik dan akan dilantik, dapat mengakomodasi usulan kegiatan PKK, khususnya penurunan stunting, dalam Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang ditetapkan bersama DPRD paling lambat setelah 6 (enam) bulan setelah kepala daerah dilantik,” harap Pj Gubernur Jambi mengakhiri sambutannya dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (17/3).

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jambi bersama TP PKK Provinsi Jambi memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Ke-49 dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK Provinsi Jambi ke-IX Tahun 2021 yang dibuka secara daring oleh Ketua Umum TP PKK Ibu Tri Tito Karnavian.

Selain dihadiri Ketua Umum TP PKK Ibu Tri Tito Karnavian, peringatan HKG PKK ke-49 dan Rakerda TP PKK Provinsi Jambi juga dihadiri secara offline diantaranya: Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo yang mewakili Menteri Dalam Negeri, Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi – Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Jambi – Pembina TP PKK Kabupaten/Kota – Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang hadir secara fisik maupun secara daring.

Sebagai bentuk syukur atas Peringatan HUT HKG PKK ke-49, sebelum menutup acara, Penjabat Ketum TP PKK Provinsi Jambi Iin Kurniasih Sudirman bersama Pj Gubernur Jambi dan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada tiga perwakilan warga: ibu hamil, lansia dan balita yang juga diberikan bantuan dari TP PKK Pusat berupa masker, vitamin, suplemen gizi ibu hamil, lansia dan balita, serta peralatan makan bagi Balita.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *