• Tue. Feb 27th, 2024

Sesuai Arahan Ketum TP PKK Pusat, Pj Gubernur Komitmen Tekan Stunting di Jambi

Byadmin

Apr 17, 2021

Jambi – Penjabat (PJ) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni mengunjungi Desa Kota Karang dan Desa Lopak Alai, Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting.

Dalam kunjungan kerjanya, Pj Gubernur Jambi menitipkan pesan khusus dari Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat, Ibu Tri Tito Karnavian kepada seluruh kader PKK yang ada di Desa, Kecamatan dan Kabupaten Muaro Jambi yang dianggap sukses menjadikan daerah tersebut sebagai daerah dengan angka stunting terendah di Provinsi Jambi: 8,6 persen.

“Ibu Ketum menyampaikan bahwa PKK harus terdepan dalam menurunkan dan mengatasi stunting,” kata Pj Gubernur Jambi yang akrab disapa Ibu Nunung di rumah Kepala Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (17/4).

Rangkaian kunjungan Pj Gubernur Jambi diantaranya menghadiri rembuk stunting, dialog interaktit bersama PAUD dan Bina Keluarga Balita (BKB), Kunjungan dan pemantauan prlaksanaan kegiatan Posyandu serta memberikan sejumlah bantuan. Selain itu, Pj Gubernur Jambi juga berkunjug ke rumah ibu hamil dan Balita (sasaran hasli pendataan kadet Dasa Wisma), menonitor simulasi PAR yang dilakukan Kader PKK Desa dan mengunjungi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang menjadi binaan Pertamina melalui program CSR.

Untuk diketahui, stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak. Stunting ini biasanya dialami oleh anak yang berumur 1 sampai 1000 hari sejak kelahiran.

Menurut Pj Gubernur Jambi, pola asuh keluarga terhadap anak di kabupaten Muaro Jambi, khususnya di Desa Lopak Alai, mencerminkan pola asuh yang amat cerdas. Sebab daerah dengan penghasilan ikan hingga 20 Ton perhari ini mengutamakan ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi keluarga.

“Bayangkan bila ikan-ikan tersebut ditangkap kemudian dijual, dan uang hasil jualannya dibelanjakan mie instan untuk diberi makan anak. Apa yang terjadi? Sudah pasti jawabannya Stunting,” ujar Ibu Nunung.

Maka berkaca pada kabupaten ini, Pj Gubernur Jambi sangat optimis bahwa pesan Ibu Ketum TP-PKK Pusat dapat dilaksanakan secara gigih dan target Presiden untuk menurunkan stunting di angka 14% pada 2024, optimis dapat dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *