• Mon. Jun 17th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Top! Jambi Raih Penghargaan K3 & Ranking 2 Provinsi Paling Patuh Prokes

Byadmin

Apr 28, 2021

Jambi – Provinsi Jambi di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni meraih sejumlah penghargaan dari Kementerian atau Lembaga Negara. Beberapa prestasi yang diakui Pemerintah Pusat diantaranya penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Tenaga Kerja dan juga ranking 2 Provinsi paling patuh menjalani protokol kesehatan Covid-19 menurut laporan analisis data Covid-19 per 18 April 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19.

Untuk penghargaan K3 Tahun 2021, Pj Gubernur Jambi diundang langsung ke Jakarta, Rabu (28/4) untuk menerimam penghargaan sebagai salah satu provinsi yang berhasil menerapkan K3.

Kepatuhan menjalani K3 dalam dunia kerja merupakan salah satu  upaya penting karena sampai saat ini dimana masih banyak ketidakpatuhan terhadap norma K3 yang mendorong terjadinya kasus kecelakaan kerja (KK) dan penyakit akibat kerja (PAK).

Pj Gubernur Jambi merupakan salah satu Kepala Daerah yang diapresiasi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah karena dinilai berhasil membina usaha-usaha penerapan K3 di wilayahnya, dan kepada perusahaan yang memperoleh penghargaan kecelakaan nihil, penerima penghargaan SMK3, perusahaan yang telah berhasil menyusun program pencegahan dan penanggulangan HIV – AIDS di tempat kerja, para pemeduli serta perusahaan yang telah melaksanakan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Penghargaan lain dari Pusat yaitu apresiasi atas upaya Pemprov Jambi yang didukung masyarakat dalam kepatuhan memakai masker dan jaga jarak dalam pencegahan covid 19 sehingga menjadikan Provinsi Jambi menduduki rangking nomor dua seluruh Indonesia.

Adapun nama-nama lima provinsi dengan kepatuhan paling tinggi dalam penggunaan masker diperoleh oleh Bali di urutan pertama. Selanjutnya berturut-turut dilaksanakan oleh Provinsi Jambi, Kalimantan Tengah, DI Yogyakarta dan Kalimantan Timur.

Selain itu, lima provinsi dengan kepatuhan paling tinggi dalam hal kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kemungkinan dilaksanakan oleh Provinsi Maluku, Jambi, Bali, DI Yogyakarta dan Sumatra Barat.

Atas capaian kinerja tersebut, tentu saja Pj Gubernur Jambi tidak bekerja sendiri. Dua penghargaan tersebut diraih karena kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi dan juga didukung masyarakat yang dengan penuh kesadaran berdisiplin untuk patuh terhadap protokol kesehatan dan juga karena adanya kepedulian perusahaan-perusahaan di Provinsi Jambi akan norma K3.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *