• Tue. Jul 16th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

8 Inovasi Kemendagri Lolos Seleksi KIPP, Salah Satunya PETER PAN

Byadmin

May 20, 2021

Jakarta – Di era pesatnya teknologi informasi saat ini, semua Kementerian/Lembaga Negara dituntut untuk beradaptasi dan melakukan terobosan. Tujuannya agar pelayanan publik pemerintah semakin mudah, murah, terjangkau cepat oleh masyarakat selaku entitas yang selayaknya harus dilayani oleh pemerintah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN/RB) karenanya menggenjot kinerja inovatif Kementerian/Lembaga (K/L) untuk bersaing melakukan terobosan. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) merupakan salah satu instrumen lomba yang prestisius dilakukan oleh KemenPAN/RB.

Ikut serta dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang melayani kebutuhan adminitrasi kependudukan seluruh warga masyarakat Indonesia, mulai dari akte kelahiran, KTP-el, Akte Nikah, Surat Pindah Domisili hingga Akte Kematian. Dokumen ini merupakan kebutuhan dasar warga untuk aneka keperluan.

Mendagri Tito Karnavian, bahkan mengatakan bahwa pelayanan dokumen kependudukan secara digital terintegrasi yang dilakukan Dinas Dukcapil merupakan upaya memberikan pelayanan dasar serta perlindungan sosial kepada masyarakat secara menyeluruh. “Upaya tersebut sejalan dengan program prioritas pemerintah untuk membangun SDM dan reformasi birokrasi yang bertumpu pada layanan berbasis elektronik,” kata Tito saat Kemendagri meraih penghargaan Innovation Award 2021, (30/4/) lalu.

Dijelaskan Tito, upaya tersebut sejalan dengan program prioritas pemerintah untuk membangun SDM dan reformasi birokrasi yang bertumpu pada layanan berbasis elektronik. Seiring dengan itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, Dukcapil melakukan perubahan fundamental, meninggalkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) manual menjadi layanan digital.

Dalam rangka KIPP, Dukcapil mengajukan inovasinya ke ajang KIPP dan telah lolos untuk seleksi tahap I. “Ada delapan inovasi Dukcapil Kementerian Dalam Negeri lolos seleksi tahap 1 lomba KIPP KemenPAN/RB. Mohon doa agar mencapai Top 45,” kata Zudan Arif Fakrulloh kepada MDNNews, Kamis, (20/5).

Adapun inovasi dari Dukcapil yang didaftarkan pada KIPP kali ini adalah:

1. Cetak Dokumen Kependudukanku Sendiri “Ku Tak Duduk Sendiri”
2. BioNIK Cantik – Cara Ampuh Identifikasi Identitas Customer dengan Biometrik dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Melalui e-KYC.
3. D-SIGN : Dukcapil’s Signature Electronic (Tanda Tangan Elektronik Dukcapil)
4. I-CAPTAIN (INTEGRATION AND CONNECTIVITY OF POPULATION DATA TOWARDS SINGLE NATIONAL DATA).
5. Minta Satu Dapat Banyak Layanan Administrasi Kependudukan (TAU DATA).
6. Penerapan Surat Pemyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) sebagai Solusi dalam Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran “SUPERTAJAM”
7. PETER-PAN (Pelayanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi Bagi Penduduk Rentan).
8. Tingkatkan Hasil Layanan Adminduk Melalui Koordinasi, Kolaborasi dan Sinkronisasi Pusat dan Daerah (THANOS).

KIPP tahun ini merupakan yang ke-8 kalinya sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014. Kompetisi ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 7/2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD. Inovasi yang dikompetisikan pada KIPP 2021 dibagi menjadi tiga kelompok. Ketiga kelompok inovasi tersebut yaitu kelompok umum, kelompok replikasi, dan kelompok khusus.

Tahun ini, KIPP mengangkat tema Percepatan Inovasi Pelayanan Publik untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Transfer Pengetahuan di Tatanan Normal Baru. Ada lima kriteria inovasi yang diajukan dalam kompetisi ini yakni memiliki kebaruan, efektif, bermanfaat, dapat ditransfer/direplikasi, serta berkelanjutan.

KIPP telah menghimpun sebanyak 693 inovasi pelayanan publik yang baik dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2014-2020. Menurut Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa, banyak inovasi yang berkembang dan membawa manfaat bagi masyarakat. “Kami yakin, melihat dari antusiasme pada KIPP periode-periode lalu, banyak inovasi yang berkembang dan membawa benefit luar biasa bagi masyarakat, yang tentunya layak untuk menjadi best practices nasional, bahkan internasional,” kata Diah.

PETER-PAN atau Pelayanan Administrasi Kependudukan Terintegrasi Bagi Penduduk Rentan adalah pelayanan bagi Penduduk yang mengalami hambatan dalam memperoleh dokumen kependudukan yang disebabkan oleh bencana alam dan kerusuhan sosial.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *