• Tue. Jul 23rd, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Serapan Anggaran Merata, KPPN IV Jakarta Apresiasi Ditjen Polpum Kemendagri

Byadmin

Aug 6, 2021

Jakarta – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri) kembali mendapatkan apresiasi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta IV.

Apresiasi tersebut berdasarkan pencapaian nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun 2021. Nilai IKPA sendiri digunakan sebagai indikator penilaian kualitas kinerja Satker dalam mengelola anggarannya, terutama dalam penyerapan anggaran secara merata.

Sebelumnya, KPPN Jakarta IV memberikan apresiasi terhadap tiga satuan kerja terbaik dengan kategori pagu jumbo, pagu besar, pagu sedang, dan pagu kecil.

Ditjen Politik dan PUM masuk ke dalam kategori pagu jumbo di atas Rp 100 Miliar, dan berhasil mendapatkan nilai IKPA sebesar 94,30% pada masa semester I tahun 2021.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar mengapresisi jajarannya bahwa baik dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi, semuanya telah mendapat pengakuan bahwa kualitas pengelolaan anggaran betul-betul baik.

“Penghargaan ini menjadi sebuah tanggung jawab seluruh jajaran Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum kedepan agar dipertahankan bahkan ditingkatkan,” tandasnya.

Sebagai informasi, terdapat beberapa indikator yang digunakan dalam penilaian untuk pemberian penghargaan apresiasi Satker terbaik mitra KPPN, dan penghargaan diberikan sebagai apresiasi kinerja pelaksanaan anggaran Tahun 2021. Penilaian dilaksanakan dengan berpedoman pada beberapa indikator dalam pelaksanaan APBN yang dilakukan secara adil dan transparan pada kategori pagu besar, sedang dan kecil.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *