• Tue. Feb 27th, 2024

DWP Kemendagri Dukung Pemulihan Kesehatan Mental dan Ekonomi di Masa Pandemi

Byadmin

Dec 8, 2021

Jakarta- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi. Pasalnya, pandemi yang telah berlangsung berdampak pada berbagai sendi kehidupan, seperti di bidang kesehatan dan ekonomi.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DWP Kemendagri Nani Nofiar Suhajar mengatakan, pandemi meninggalkan jejak kesedihan yang dapat mengganggu kesehatan mental dan perekonomian keluarga.

“Tidak terhitung berapa banyak keluarga Indonesia yang kehilangan anggota keluarga yang sekaligus merupakan tulang punggung keluarga,” katanya pada acara peringatan HUT DWP ke-22 dan peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 di Aula Gedung F Lt. III Kantor Pusat Kemendagri, Rabu (8/12/2021).

Karena itu, tema yang diangkat dalam perayaan HUT ke-22 DWP ini, yakni “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM”.

Selain itu, Nani menjelaskan, DWP Kemendagri telah melakukan berbagai upaya dalam menunjang terwujudnya rasa kekeluargaan dan meningkatkan kepedulian sosial pada keluarga aparatur sipil negara (ASN) di masa pandemi. Upaya itu seperti pemberian tali kasih berupa penyaluran bantuan sembako, masker, dan hand sanitizer di sepuluh lokasi yang tersebar di DKI Jakarta.

Ia menambahkan, pemberian tali kasih tersebut sejalan dengan tujuan khusus organisasi DWP, yaitu mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarga. Untuk mencapai tujuan itu, DWP Kemendagri juga telah menyusun program kerja di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

“Di bidang pendidikan juga aktif mengirimkan anggota DWP untuk mengikuti beberapa program pelatihan, keikutsertaan tenaga pendidik TK Pertiwi pada beberapa kegiatan webinar guna meningkatkan kapasitas pendidik,” jelasnya.

Sementara di bidang ekonomi, DWP membangun usaha Koperasi Pojok DWP dan menyelenggarakan kegiatan bazar. DWP secara aktif ikut serta menggelar stand bazar pada kegiatan yang dilaksanakan keluarga besar Kemendagri.

Di sisi lain, di bidang sosial dan budaya, DWP Kemendagri melaksanakan kegiatan pemberian sembako ketika Idul Fitri, pemberian hewan kurban saat Idul Adha, pemberian bantuan peduli korban bencana, serta bimbingan Posyandu, Posbindu dan Pojok ASI yang berada di lingkungan kompleks Kemendagri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *