• Tue. Jul 16th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Besok, BPSDM Kemendagri Gelar Seminar Wujudkan ASN BerAKHLAK

Byadmin

Feb 3, 2022

Jakarta – Arus globalisasi yang berdampak pada perubahan lingkungan strategis saat ini menuntut birokrasi yang semakin smart dan berintegritas. Apalagi kini tuntutan masyarakat terkait pemenuhan kebutuhannya semakin kompleks, besar, dan variatif. Hal itu membuat aparatur sipil negara (ASN) mesti adaptif terhadap perubahan dan tuntutan zaman tersebut.

Menyikapi hal itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan “Seminar Pengembangan Kompetensi Karakter Kebangsaaan Indonesia” pada Kamis (3/2/2022). Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yaitu “Menumbuhkembangkan Karakter Kebangsaan yang Unggul dan Menanamkan Nilai-Nilai ASN yang BerAKHLAK”.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BPSDM Kemendagri, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam mengejawantahkan ASN BerAKHLAK (berorientasi pada pelayanan, amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif). Kemudian, tujuan berikutnya adalah untuk membangun peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila. Tentunya, hal ini mesti dipersiapkan dengan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan pada masa mendatang.

Adapun peserta seminar ini merupakan ASN di lingkungan Kemendagri dan pemerintah daerah (Pemda). Terdapat sekitar 500 orang peserta yang akan bergabung via Zoom untuk mengikuti seminar ini. Bagi yang tidak dapat bergabung melalui aplikasi Zoom, acara ini tetap dapat diikuti melalui channel Youtube BPSDM Kemendagri.

Sebagai informasi, terdapat beberapa Narasumber yang akan mengisi seminar ini, di antaranya: 1) Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi; 2) Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Baby Siti Salamah; 3) Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Cecep Agus Supriyanta; dan 4) Guru Besar Program Pasca Sarjana FISIP UMJ Prof. Agus Suradika.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *