• Fri. Dec 2nd, 2022

Tim GISA Dukcapil Jemput Bola di Papua, Siswa SMK Serui Bangga Dapat Hadiah KTP-el Usia 17 Tepat di HUT RI ke-77

Byadmin

Aug 19, 2022

Serui – Upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 juga diikuti oleh Tim GISA 3T di wilayah Papua dan otonom baru meliputi Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Tim GISA yang diterjunkan Ditjen Dukcapil Kemendagri ini untuk Jemput Bola (Jebol) pelayanan administrasi kependudukan di wilayah 3T di Papua, yakni Kabupaten Paniai, Mamberamo Tengah, Kepulauan Yapen, Jayawijaya dan Nabire mulai tanggal 15-28 Agustus 2022.

Pada upacara HUT-RI ke-77 di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Tim GISA Dukcapil ikut hadir bersama perwakilan Dukcapil Provinsi Papua dan Kadis Dukcapil Kabupaten Yapen Harold Wenno di Lapangan Marora Serui, hari ini.

Ketua Tim Walter E Malau menyebutkan, pihaknya membantu dan mendukung program GISA atau Gerakan Indonesia Sadar Adminduk khusus di Kepulauan Yapen, serta beberapa daerah lain di Papua.

Secara khusus di Yapen dari hasil rekapitulasi pada sistem, ditemukan ada anak yang berusia 17 tahun tepat pada 17 Agustus 2022.

“Maka momentum ini dimanfaatkan memberikan hadiah berupa KTP-el bagi siswa SMK YPK atas nama Dimas Aninam,” kata Walter.

Penyerahan dokumen kependudukan KTP-el dilakukan oleh Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, bersamaan dengan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Serui.

“Selamat buat ananda Dimas Kova Aninam sekarang punya KTP baru, sekaligus hadiah tabungan dari Bank Papua Kancab Yapen sebesar Rp500 ribu. Ananda kini orang dewasa yang telah memiliki dokumen kependudukan,” kata Bupati Tonny.

Dimas sendiri mengungkapkan perasaannya, pas di hari ulang tahun, di acara level kabupaten dirinya dipanggil maju ke depan, serta mendapat hadiah yang sama sekali dirinya tak menduga.

“Saya senang, haru sekaligus bangga mendapat kehormatan ini. Sekarang saya sudah punya KTP. Terima kasih Dukcapil dan Pak Bupati Yapen,” kata Dimas.

Di tempat yang sama, Kadisdukcapil Yapen, Harold Weno menjelaskan, kehadiran Tim GISA untuk menyukseskan program GISA.

“Kita berkolaborasi untuk meningkatkan cakupan perekaman KTP-el di Yapen. Strateginya adalah melakukan jebol perekaman KTP-el,” kata Kadis Weno.

Hingga Selasa (16/8/2022) pelayanan Adminduk yang diberikan Tim GISA di Kepulauan Yapen adalah sebanyak 216 dokumen berhasil dicetak, terdiri cetak kartu keluarga (KK) 26 lembar, rekam KTP-el kepada 27, cetak KTP-el sebanyak 155, cetak akta lahir 1, dan SKPWNI sebanyak 7.

Dari Kabupaten Paniai, Tim GISA yang dipimpin Bastian Seimahuira melaporkan pelayanan jebol Adminduk yang dipusatkan di kantor Distrik Paniai Timur, mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIT berhasil mencetak sebanyak 161 dokumen kependudukan.

Jumlah ini terdiri cetak kartu keluarga (KK) 11 lembar, rekam KTP-el 92, cetak KTP-el 10, terdapat duplicate record atau KTP ganda sebanyak 6, cetak hasil proses antrean data di server pusat sebanyak 76, cetak hasil KTP siap cetak 10, cetak SKPWNI 13; register IKD atau pendaftaran Identitas Kependudukan Digital sebanyak 5, cetak akta kelahiran 13, dan cetak akta perkawinan 1.

Bastian juga melaporkan hari ini dilakukan Upacara 17 Agustus di Kantor Bupati Paniai, pembagian Bendera Merah Putih, launching Web Pelayanan Disdukcapil, pelayanan Digital ID & Penerbitan Dokumen Kependudukan serta penyerahan dokumen kependudukan oleh Bupati Paniai Meki Nawipa.

Sementara Tim GISA 3T di Kabupaten Mamberamo Tengah belum dapat melaporkan hasil pelayanan karena kendala jaringan.

Kegiatan ini menurut Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, merupakan tindak lanjut arahan Mendagri Tito Karnavian agar Dukcapil all out dalam melayani masyarakat di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *