• Mon. Dec 4th, 2023

Kemendagri Umumkan Pemenang Lomba Iklan Layanan Masyarakat Mendukung Sukses Pemilu Tahun 2024

Byadmin

Aug 25, 2023

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan pemenang lomba iklan layanan masyarakat mendukung sukses Pemilu Tahun 2024 dengan tema “Pemilih Cerdas untuk Pemilu Berkualitas”. Acara yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri tersebut dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Rahmat Santoso melaporkan, lomba iklan layanan masyarakat ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori iklan animasi, non-animasi, dan short video. Perlombaan ini melibatkan dewan juri yang berasal dari unsur akademisi, perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Asosiasi Industri Animasi, serta perwakilan dari media televisi. Pelaksanaan kegiatan lomba berlangsung dari tanggal 22 Juli sampai dengan 20 Agustus 2023.

“Terkait dengan kegiatan lomba iklan layanan masyarakat ini, sungguh luar biasa animo dari masyarakat. Sampai dengan ditutupnya pendaftaran lomba iklan layanan masyarakat ini, video yang terkirim ke panitia berjumlah 327 karya video. Terima kasih kepada para peserta yang sudah mengirimkan,” katanya.

Dia menambahkan, esensi dari sebuah pemilu adalah partisipasi. Sebab itu pihaknya melaksanakan kegiatan lomba iklan layanan masyarakat tersebut untuk menggugah partisipasi dan peran aktif masyarakat untuk semakin sadar pentingnya pemilu. “Dan itu kita harapkan dapat terus menggelora sampai nanti pada pelaksanaan pemilu 2024 nanti,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Bahtiar menyampaikan, para peserta yang membuat konten dan mengikuti lomba iklan layanan masyarakat ini merupakan orang-orang yang merdeka. Menurutnya hanya orang-orang yang merdeka yang bisa membuat karya, dan sebaliknya, orang-orang yang terjajah pikirannya tidak mampu membuat karya-karya secara kreatif.

“Kami yakinkan bahwa kita solid, semua beserta seluruh masyarakat dan bahkan anak-anak muda yang kreatif tadi telah berpartisipasi secara baik dengan nyata, dengan memberi dan memproduksi konten-konten positif,” ujarnya.

Bahtiar mengapresiasi 327 video yang masuk ke panitia karena melampaui angka yang ditargetkan. Keberhasilan ini tak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan panitia. Dalam waktu yang relatif singkat, panitia bisa memaksimalkan partisipasi dari banyak pihak. Pelaksanaan lomba ini juga sebagai wujud kebersamaan yang menggairahkan dari berbagai elemen bangsa agar Pemilu Serentak tahun 2024 bisa diketahui secara luas.

“Ada tim penilainya oleh orang-orang independen yang mempunyai kemampuan untuk menilai. Jadi Dirjen Polpum Kemendagri tidak memiliki kemampuan untuk menilai, maka kita meminta para profesional untuk memberikan penilaian,” ungkapnya.

Adapun perlombaan ini telah menghasilkan para pemenang. Untuk kategori iklan animasi yaitu Tim Mahakala, Anggit Muhammad, Nadiah Ariqah, Valentino Matthew Daniel Hutabarat, dan Satset Unimation. Sementara untuk kategori iklan non-animasi yakni Muslim, Lukman Al Hakim, Abdul Wahid Shafauzadi, Sahid Tamamunni’am, dan SMKN 6 Jakarta. Kemudian kategori short video yaitu Akbar Fernando Ndabung, Safa Rahmania Rangkudy, dan Tim Berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *