• Mon. Jun 17th, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Penganugerahan APDI 2023, Mendagri Minta Daerah Tingkatkan Prestasi dan Inovasi

Byadmin

Sep 14, 2023

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) meningkatkan prestasi dan inovasi. Upaya itu penting dalam mendorong perekonomian Indonesia agar mampu mencapai posisi empat besar dunia.

“Ini semua memerlukan kerja sama dengan pusat dan daerah. Untuk itulah kita mengharapkan adanya inovasi daerah semua bergerak, terutama pasca-orde baru terjadi perubahan paradigma dari sentralisasi menjadi desentralisasi, adanya otonomi daerah,” kata Mendagri pada acara Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) Tahun 2023 di Ballroom Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Selasa (12/9/2023) malam. Gelaran yang diinisiasi B-Universe bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu mengusung tema “Akselerasi Transformasi Daerah Berkelanjutan”.

Mendagri menyampaikan, misi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-4 setelah Cina, India, dan USA bukan hanya sebatas mimpi. Alasannya, Indonesia memiliki modal yang mumpuni dari tenaga kerja yang besar, bonus demografi, sumber daya alam yang melimpah, dan bentangan wilayah yang luas. Apalagi, hal itu didukung dengan iklim perekonomian yang kompetitif yang memancing kepala daerah untuk berprestasi.

“Banyak kira-kira indikator-indikator lain, di antaranya Indonesia juga first time in our history menjadi negara 20 besar ekonomi G20. Bukan hanya itu, diberi kepercayaan sebagai presidency tahun lalu G20 yang dianggap sukses, dan tahun ini kita juga menjadi presidency ASEAN juga dianggap sukses,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mendagri juga banyak menguraikan hal-hal positif yang berhasil dilakukan oleh Pemda yang melakukan inovasi. Dirinya juga mengapresiasi adanya Penghargaan APDI 2023 yang secara tidak langsung mendorong Pemda untuk bergerak.

“Sekali lagi tes sistem kita, bagi Kemendagri dan bagi kita semua. Mana yang lebih baik, tapi paling tidak dengan acara-acara seperti ini membuat iklim yang kompetitif seperti ini akan sangat positif untuk memancing rekan-rekan untuk berkreasi, berinovasi, karena memang diberikan ruang,” tuturnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah menyelenggarakan penghargaan ini karena memberikan kontribusi untuk kepentingan publik dan secara tidak langsung menghasilkan pemimpin-pemimpin yang baik. Adanya penghargaan tersebut, kata Mendagri, bisa memancing para kepala daerah untuk melahirkan prestasi, karena adanya iklim yang kompetitif.

“Teman-teman menonton ini, kepala daerah yang belum beruntung, silakan terpacu untuk berprestasi. Bagi kepala daerah hasil Pilkada, acara-acara seperti ini akan sangat berpengaruh untuk elektabilitas. Dan bagi rekan-rekan penjabat acara-acara seperti ini adalah salah satu variabel bagi Kemendagri untuk melanjutkan jabatannya atau mengganti dengan orang yang berbeda,” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *