• Sun. Jul 21st, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Kemendagri Apresiasi Komitmen DPP LPM Ri dalam Kinerjanya Membangun Desa

Byadmin

Sep 24, 2023

Pekanbaru – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi komitmen Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Republik Indonesia (DPP LPM RI) dalam kinerjanya membangun desa.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian membuka Rakernas dan HUT ke-23 LPM RI. Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Grand Hotel Pekanbaru Riau pada Jumat, 22 September 2023.

Yusharto mengungkapkan, untuk membangun desa yang maju, mandiri, dan sejahtera membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD). Salah satu jenis LKD tersebut adalah LPM yang memiliki tugas dan fungsi membantu kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan desa. LPM juga menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan desa dengan swadaya gotong royong.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada DPP LPM RI yang telah membangun komitmen bersama Kemendagri untuk membangun desa secara _bottom-up_ yang menitikberatkan pada peran LPM sebagai mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat di desa,” ungkapnya.

Sebagai mitra desa, Yusharto mengatakan, penguatan peran LPM dibutuhkan untuk mengoptimalkan prinsip akuntabilitas, transparansi, responsif, dan partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan roda pemerintahan desa. Menurutnya, pemerintah desa yang akuntabel adalah pemerintahan yang mampu mengemban amanat, mandat, dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dengan tanggap dan penuh tanggung jawab.

“Pemerintah desa harus mampu dan tanggap terhadap aspirasi maupun kebutuhan masyarakat, yang kemudian dijadikan sebagai preferensi utama pengambilan keputusan di desa,” ujarnya.

Yusharto menjelaskan, LPM memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan desa yang kuat yang mampu mendorong terwujudnya Indonesia Emas 2045. Sebagai instansi yang memiliki peran melakukan pembinaan secara kelembagaan terhadap LPM, Kemendagri berharap pemerintah desa dan LPM dapat saling bekerja sama sehingga pelaksanaan pembangunan di desa menjadi lebih maksimal.

“Harapan kami, (pemerintahan) desa dan LPM dapat bersinergi secara maksimal. Dengan demikian, pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat, ” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *