• Sun. Jul 21st, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Sukses Turunkan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem, Jadi Alasan TP PKK Pusat Kunker ke Kaltara

Byadmin

Sep 26, 2023

Tanjung Selor – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat melakukan kunjungan kerja (Kunker) dan Temu Kader PKK di Kalimantan Utara (Kaltara), pada 25 – 27 September 2023. Kaltara dipilih jadi tempat Kunker karena dianggap berhasil turunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem.

Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesediaan Pemerintah Provinsi Kaltara dan Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltara yang telah menyambut baik penyelenggaraan acara kunjungan kerja ini di Tanjung Selor.

“Pemilihan lokasi kunjungan kerja di Tanjung Selor, Kaltara bukan tanpa alasan. Hal ini mengingat di beberapa kegiatan Pemerintah Provinsi dan tentu didukung oleh TP PKK Provinsi Kaltara telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan dan kemasyarakatan, seperti: Pemerintah Provinsi Kaltara mampu menurunkan stunting hingga 5,4% dari 27,5% pada tahun 2021 menjadi 22,1% pada tahun 2022. Sehingga Provinsi Kaltara masuk tiga besar nasional provinsi di Indonesia dengan kategori penurunan stunting di atas 5% (SSGI, 2022). Dimana datanya: Sumatera Selatan, 6,2%; Kalimantan Selatan 5,4%; dan Kalimantan Utara 5,4%,” ungkapnya di sela kegiatan TP PKK Pusat di Tanjung Selor, Selasa (26/9/2023).

Selain itu, alasan lain Kaltara menjadi tempat yang dikunjungi ialah karena prestasinya menurunkan angka kemiskinan ekstrem pada tahun 2022 turun sebesar 0,23% dari 0,86% pada tahun 2021 dan menjadi 0,63% pada tahun 2022.

“Angka kemiskinan ekstrem di Provinsi Kalimantan Utara lebih rendah dibanding angka kemiskinan ekstrem secara nasional (BPS, 2023). Selain itu, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara sepanjang 2022 berada di angka 5,34% dengan tingkat inflasi yang rendah yakni 4,47% (diukur di Tarakan dan Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara, 2023),” paparnya.

Hadir dalam Kunker Ketum TP PKK Pusat beserta rombongan diantaranya: Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang selaku Ketua Pembina TP PKK Provinsi Kalimantan Utara beserta jajaran, Wakil Gubernur Kaltara Yansen Tipa Padan, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Rahmat Firdaus, beserta jajaran, Para Pengurus Pusat Tim Penggerak PKK; Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltara Ny. Rachmawati Zainal beserta jajaran Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltara, Forkopimda Provinsi Kaltara, para Ketua Organisasi Wanita Provinsi Kaltaraatau yang mewakili; Para Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Kaltara beserta para jajaran pengurusnya; Para Kader PKK se-Kaltara.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *