• Sun. Jul 21st, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Gelar Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara, Perwosi Ingin Olahraga Dicintai Secara Luas

Byadmin

Oct 10, 2023

Jakarta – Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) mengadakan Lomba Senam Kreasi Tingkat Nasional dengan memperebutkan Piala Ibu Negara RI di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023).

Lomba yang dibuka oleh Ketua Umum OASE Kabinet Indonesia Maju sekaligus Ketua Umum Perwosi, Tri Tito Karnavian itu dilakukan secara rutin tiap tahunnya.

“Ya, ini memang Perwosi mempunyai visi dan misi menggalakkan olahraga secara luas, menyehatkan masyarakat khususnya perempuan, remaja, anak-anak dan keluarga yang tentunya akan mencintai olahraga,” kata Tri Tito kepada awak media yang hadir.

Ibu Tri menyebutkan program tahunan itu akan memperebutkan piala Ibu Negara yang merupakan Pelindung Utama Perwosi.

“Di usia 56 tahun Perwosi, kami yakin bahwa perempuan Indonesia banyak sekali punya talenta untuk berkreasi menciptakan gerakan senam yang menggembirakan,” lanjutnya.

Dia menjelaskan berbeda dengan edisi sebelumnya, lomba senam kreasi kali ini banyak menarik minat masyarakat dari hampir seluruh provinsi di Indonesia.

“Peminatnya luar biasa, karena dari 38 provinsi, sebanyak 37 yang mendaftar dan ada satu provinsi mengirim tiga kontigen sehingga terdapat 47 tim dengan jumlah 314 peserta,” ungkapnya.

Tri Tito juga menyampaikan pesan khusus dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo kepada para peserta.

“Ibu negara menghimbau kita semua kaum perempuan untuk selalu berkreasi, aktifitas dan juga berprestasi di olahraga tentunya. Apalagi kaum perempuan di tengah rumah tangga jadi penentu kesehatan keluarga,” imbuhnya.

Adapun Juri lomba berasal dari Kemenpora RI, kalangan profesional senam kreasi dan penggiat olahraga, yaitu: Lily Greta (Praktisi Senam Olahraga Kreasi), Kartini Lolina (Creative Choreographer), Endang Widyarini (Tokoh Olahraga dan Penguji LSKSI (Lembaga Sertifikasi Kompetensi Senam Indonesia), Een Ermawati S.Pd.,MM (Kepala Museum Olahraga Nasional Kemenpora RI), dan Sopti Popiyati (Kepala Bidang Kepeloporan Pemuda Desa dan Daerah Khusus Kemenpora RI).

Unsur penilaian lomba meliputi: kreativitas, kekompakan, keserasian gerak dan kostum yang dikenakan. Terdapat 8 pemenang, yaitu: Juara 1-3, Juara Harapan 1-3, Juara Favorit dan Kostum Terbaik. Juara 1 diraih oleh Karang Awsome Crew Bali, Juara 2 Perwosi Sumatera Selatan, Juara 3 Perwosi Sulawesi Utara, Juara Harapan 1 adalah Gorontalo, Juara Harapan 2 Jawa Tengah Ceria, dan Juara Harapan 3 Perwosi Jawa Barat. Kemudian, Juara Favorit diraih oleh Tim Kasuari Yunior Papua Barat, dan terakhir kostum terbaik dimenangkan oleh Kutai Timur Kalimantan Timur 1.

“Lomba ini diharapkan tidak hanya untuk mencetak prestasi, melainkan juga menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk giat berolahraga, karena senam kreasi adalah wujud semangat dan kreativitas olahraga perempuan Indonesia,” tandas Tri.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *