• Sun. Jul 21st, 2024

Gubernurnews

Info Pemerintahan Pusat dan Daerah

Pj Gubernur Safrizal Safari Ramadan, Serahkan Bantuan dan Ajak Masyarakat Maknai Puasa

Byadmin

Mar 16, 2024

Sungailiat – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel) Safrizal ZA hadir dalam giat Safari Ramadan Pemerintah Provinsi Kep Babel tahun 1445 Hijriah di Masjid Agung Sungailiat Bangka, Kamis (14/03/2024) malam.

Selain menyambung silaturahmi, Pj Gubernur Safrizal juga turut mengajak masyarakat untuk sungguh-sungguh memaknai puasa di bulan suci ramadan. Di atas mimbar menjelang tarawih berjemaah, dirinya menyampaikan setidaknya ramadan dapat dimaknai ke dalam 3 (tiga) hal, yakni makna ibadah, makna sosial, serta kesehatan.

Perihal makna ibadah, ia mengutip Alquran Surah Al Baqarah ayat 183 yang menyiratkan pesan bahwa berpuasa guna menjadikan diri sebagai insan yang bertakwa kepada Allah, dengan berupaya menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Sedangkan dalam makna sosial, berpuasa menurut pria kelahiran 1970 ini bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, melainkan kesempatan untuk melatih empati dan saling peduli terhadap sesama dengan memperbanyak infak dan sedekah.

“Sudah sejak sebelum ramadan, kita berdoa agar Allah mempertemukan kita dengan bulan yang suci ini. Artinya kini telah terkabul. Betapa banyak sejawat kita yang tidak sempat berjumpa dengan ramadan. Maka perlu kita syukuri karunia berkah usia ini dengan meningkatkan ketakwaan, agar kita digolongkan sebagai manusia yang beruntung, bukan yang merugi apalagi celaka,” ujarnya.

Lebih lanjut tentang makna puasa, ia juga mengajak masyarakat untuk memotivasi diri guna
menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya, agar berdampak baik pula bagi kesehatan (jasmani dan rohani). Ia menambahkan, bahwa puasa terbukti secara medis dan ilmiah dapat direkomendasikan sebagai penyembuhan.

“Kalau kita jumpa dokter berbagai macam penyakit rekomendasinya seringkali dianjurkan berpuasa, mengendalikan kolesterol dengan berpuasa, mengendalikan gula darah dengan berpuasa, sampai terlalu banyak ‘makan hati’ pun obatnya dianjurkan berpuasa,” candanya disambut tawa jemaah.

Hadirnya Pj Gubernur Safrizal bersama rombongan bukan hanya sekedar untuk bertausyiah semata, sebelumnya dalam agenda yang sama Pemprov Kep Babel juga menyerahkan bantuan hibah senilai total Rp385.000.000, yang diserahkan kepada Yayasan Al Maghfiroh Air Ruay, Yayasan Al Amanah Sungailiat, serta DPD BKPRMI Kab. Bangka. dalam Hal ini dirinya berharap pihaknya dapat terus melanjutkan program hibah yang telah rutin dilakukan.

“Kami juga mohon doa dan dukungan masyarakat agar program yang semacam ini dapat terus dilakukan. Pengalaman saya sebagai Pj Gubernur, Kep Babel ini termasuk di antara yang porsi anggaran hibah dan bantuan kepada masyarakatnya cukup besar, semoga hal ini dapat terus dilanjutkan,” pungkasnya.

Dalam safari ramadan ini, Pj Gubernur didampingi oleh Kepala Biro Kesra Kep Babel, Saimi beserta jajaran. Usai salat tarawih berjemaah, ia pun turut menyapa untuk sekadar ramah tamah bersama masyarakat yang hadir.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *